-->

Fungsi dan Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis

Email Marketing Tools
Email Marketing for Business
Email Marketing merupakan salah satu pendukung terhadap suatu bisnis. Fungsi Email Marketing tersebut  sangat banyak, salah satunya adalah untuk mempromosikan berbagai produk maupun layanan dalam bentuk, file, dokumen, gambar, maupun video. Saat ini, penggunaan email marketing untuk bisnis juga bisa dikatakan sangat populer, dan yang paling penting adalah, dengan memanfaatkan email marketing tersebut, kita dapat dengan mudah untuk mempromosi ataupun mengenalkan produk ataupun layanan yang kita tawarkan kepada umum. Email Marketing juga bisa menjadikan salah satu identitas bagi suatu vendor bisnis.

Sebelum mebahas lebih lanjut tentang fungsi serta manfaat email marketing tersebut ada baiknya kita untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang disebut email marketing tersebut. Jika anda sudah paham dengan istilah email marketing, tentunya anda juga akan paham dengan manfaat email marketing tersebut.

#Apa Itu Email Marketing ?


Email  adalah Singkatan dari " Elektronic Mail " ataupun jika kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah surat elektronik. Tapi kenapa disebut dengan surat elektrok ? Ya, pada dasarnya penggunaan email adalah dengan memanfaatkan fasilitas ataupun jaringan internet sebagai media pengirimannya. Surat Elektronik tersebut sudah digunakan sejak tahun 1960-an, yang pada saat itu internet belum terbentuk. Yang ada hanyalah kumpulan " Mainframe " yang dimanfaatkan sebagai salah satu jaringan. Email ataupun surat elektronik tersebut mulai digunakan oleh masyarakat umum pada tahun 1980-an.

Baca Juga : Apa Itu BitCoin dan Bagaimana Cara Mendapatkan BitCoin Gratis

Namun, bedanya lagi dengan email marketing. Email marketing adalah surat elektronik yang dimanfaatkan sebagai salah satu tools untuk mempromosikan berbagai produk ataupun layanan terhadap suatu bisnis. Biasanya, Email marketing ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan ataupun vendor bisnis ternama.

#Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis


Seperti yang telah kita bahas diatas, salah satu manfaat dan fungsi email marketing adalah sebagai saranan promosi suatu produk ataupun layanan. Namun, ada juga beberapa manfaat Email Marketing lainnya untuk bisnis yang dapat anda gunakan. Berikut adalah beberapa manfaat email marketing untuk bisnis online ataupun bisnis offline yang dapat anda terapkan untuk bisnis masing-masing.

1. Private ataupun Bersifat Pribadi


Dengan menggunakan email marketing sebagai media pemasaran, maka pemasaran tersebut akan bersifat pribadi, karena informasi terhadapat suatu produk yang dipasarkan melalui email hanya akan dapat dilihat oleh pengguna email tersebut saja. Biasaya, informasi yang bersifat pribadi itu akan lebih banyak mendapatkan perhatian dari pada promosi secara umum. Apalagi calon pelanggan kita nyaman dengan menerima tawaran informasi tersebut dan membalasnya, maka akan semakin mudah pula bagi kita untuk dapat menawarkan berbagai jenis produk dan jasa kita.

2. Informasi Yang Terkirim Sangat Cepat


Dengan memanfaatkan email, maka informasi penawaran terhadap suatu produk akan lebih cepat diterima dibandingkan dengan menggunakan surat pos. Apalagi kalau menggunakan media surat pos, maka respon yang didapati kita harus menunggunya lebih lama. Sedangkan dengan menggunakan email, kita dapat mendapatkan respon dari berbagai calon pelanggan kita dengan waktu yang singkat. Dan kita juga akan semakin mudah untuk menjangkau mereka dengan mengirimkan email pribadi kepada mereka sehingga jangkaua nya akan lebih luas dan hasil yang kita dapatkan juga semakin cepat.

3. Biaya Jauh Lebih Murah dan Terjangkau


Dengan menggunakan email marketing, kita juga akan membutuhkan layanan dari penyedia email responder tersebut. Tapi, biaya ini jauh lebih murah dan efektif dibandingkan dengan menggunakan surat fisik, karena kita harus membayar ongkos kirimnya sesuai dengan lokasi.

4. Dapat Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan


Salah satu kelebihan dengan menggunakan email marketing adalah dapat menjalani hubungan ataupun komunikasi dengan calon ataupun para pelanggan kita. Kenapa demikian ? Ya, kita dapat mengirim informasi, tips maupun promosi produk kita melalui email tersebut kepada semua pelanggan kita. Dan ini biasanya akan menjalin hubungan yang baik antara vendor dan costumer.

Nah, itulah 4 Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis. Sebenarnya ada banyak manfaat lainnya yang dapat kita manfaatkan. Namun, diatas adalah beberapa poin ataupun inti dari manfaat penggunaan email marketing.

Baca Juga : Apa Itu eCommerce ? Fungsi dan Manfaatnya

#Kelebihan dan Kekurangan Email Marketing


Nah, pada semua penggunaan suatu layanan pastinya juga akan terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula dengan menggunakan email marketing, ada juga kelebihan dan kekurangannya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan singkat dibawah ini.

Kelebihan Email Marketing diantaranya adalah mudah untuk menerima dan mengirim suatu informasi, cepat, praktis serta dapat digunakan kapan pun dan dimana pun. Selain itu, dengan menggunakan surat elektrok tersebut, kita juga akan semakin mudah untuk mengirim file-file yang berukuran besar kepada pelanggan kita.

Selanjutnya, kekurang menggunakan email marketing adalah kita harus mempunya suatu perangkat, baik itu mobile maupun desktop/ Maksudnya adalah kita memerlukan sebuah smartphone ataupun laptop dengan koneksi internet agar dapat mengirim suatu informasi ataupun penawaran produk dengan menggunakan email. Selain itu, kita juga harus menjaga privasi dari email tersebut, seperti username dan password, karena biasaya, media online sangat rentan dengan "Peretasan" akun.

#Contoh Email Marketing


Contoh Email Website
Contoh Email Marketing
Nah, salah satu contoh email marketing adalah seperti pada gambar diatas milik " Focus Pointe Global ", Mereka mengirimkan berbagai informasi dan penawaran menarik terhadap produk mereka dengan menulis pesan yang bisa menari perhatian kita. Email marketing tersebut contohnya adalah : " procuct@domain.com " sesuai dengan nama vendor ataupun perusahaan mereka.

Kunci Utama yang mereka terapkan adalah kesederhanaan informasi namun menarik. Focus Pointe Global menggunakan kata kunci yang sangat sederhana, namun sangat jelas, sehingga mudah dimengerti oleh audiens mereka. Informasi yang dibuat pada subject email mereka sangat sederhana, dan mengandung unsur penasaran, sehingga para pelanggan mereka akan dengan mudah untuk membaca informasi yang dikirim melalui email tersebut lebih lanjut.

#Situs-Situs Penyedia Email Gratis


Bagi anda yang tidak mempunyai uang untuk membuat email sesuai dengan vendor ataupun bisnis anda, anda juga dapat memanfaatkan fasilitas email gratis dari beberapa situs penyedia email dibawah ini. Berikut adalah beberapa situ dengan layanan email gratis terbaik.

  • Gmail.com     ( Google Email )
  • Yahoo.com     ( Yahoo Mail )
  • Outlook.com ( Microsoft Mail )
  • Mail.com

Nah, diatas adalah beberapa situs penyedia email gratis terbaik dan banyak digunakan oleh semua kalangan, baik itu untuk personal maupun untuk bisnis mereka. Bagi anda yang low budget, anda bisa memanfaatkan salah satu penyedia email tersebut untuk membuat email marketing anda.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Fungsi Serta Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan kita semua tentang manfaat dan penggunaan email marketing tersebut. Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini jika menurut anda dapat bermanfaat bagi semua pembaca lainnya. ☺

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter